Tantangan setelah Ujian Nasional

Ujian Nasional yang diterapkan oleh pemerintah Republik Indonesia dari tahun ke tahun memiliki standar nilai yang terus naik. Hal ini menyebabkan siswa dan khususnya guru (bidang studi mata pelajaran Ujian Nasional) mencari cara bagaimana agar para siswa agar dapat LULUS. Cara yang biasa dilakukan oleh sekolah adalah menambah jam tatap muka mata pelajaran ujian nasional ataupun tambahan jam pelajaran yang dilakukan oleh siswa itu sendiri.
Disinilah menunjukkan bahwa para siswa dan guru merasa “TAKUT” apabila siswanya tidak dapat lulus. Namun berhentikah tantangan yang dihadapi oleh para siswa ? Jawabnya “TIDAK !” Para siswa ( SD dan SMP ) akan menemui tantangan lagi yang berupa mahalnya biaya masuk sekolah setingkat diatasnya. Hal ini yang membuat para orang tua memutar dan memeras otak bagaimana caranya agar anaknya dapat melanjutkan pendidikan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi. Sementara bagi siswa SMA dihadapkan pada mahalnya biaya masuk perguruan tinggi.
Dan apabila siswa SMA ini tidak melanjutkan pendidikan lagi, mereka dihadapkan sulitnya mencari lapangan pekerjaan. Meskipun ada, sering kali yang dibutuhkan adalah mereka yang sudah berpengalaman. Bagi mereka yang orang tuanya banyak duit dan punya kedudukan , tentulah tidak akan merasa kesulitan.
Inti yang ingin penulis sampaikan disini bahwa setelah Ujian Nasional atau setelah lulus dari pergururan tinggi jangan merasa bangga dulu. Sebab lulus tanpa dapat mencari uang sendiri, tentu akan sia-sia. Karenan negara kita belum dapat menjalankan amanah yang ada pada UUD 1945 “fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: