Struktur Lewis

Dalam penggambaran struktur Lewis senyawa ionik sering terjadi kekeliruan. Hal ini disebabkan sebagaian orang menganggap menggambar struktur Lewis senyawa ionik sama dengan menggambar struktur Lewis senyawa kovalen. Misalnya struktur Lewis MgCl2 ada yang menulis dengan struktur seperti ini.

Image

Mengapa struktur Lewis seperti gambar di atas salah?. Tentu saja salah karena dalam pembentukan senyawa ionik sederhana seperti MgCl2 atau NaCl, elektron sepenuhnya ditransfer dari atom logam ke atom nonlogam. Pada gambar di atas menunjukan elektron digunakan secara bersama. Jadi struktur Lewis ayang benar dari MgCl2 adalah sebagai berikut :

Image

Selain itu, karena terjadi kekeliruan dalam menggambar struktur Lewis maka sering pula terjadi kekeliruan dalam pembelajaran bentuk atau geometri molekul. Seringkali siswa menganggap bentuk molekul MgCl2 adalah linear. Ini adalah kekeliruan yang sangat fatal karena MgCl2 adalah senyawa ionik yang tersusun dari ion Mg2+ dan ion Cl baik dalam wujud padat, cair maupun gas. sehingga dalam bentuk padat MgCl2 memiliki struktur kristal bukan bentuk molekul. Bentuk molekul atau istilah molekul hanya berlaku untuk senyawa-senyawa yang berikatan secara kovalen seperti BeCl2, CO2, H2O maupun senyawa kovalen yang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: