sel manusia

Sel manusia yang sangat khusus untuk melakukan jutaan tugas-tugas tertentu yang memungkinkan manusia untuk tidak hanya hidup dalam lingkungan biologis mereka, tetapi untuk mengubah lingkungan mereka sesuai dengan keinginan mereka. Ratusan jenis sel manusia yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas yang bervariasi. Mengklasifikasikan jenis sel manusia dapat dilakukan pada banyak set kriteria, termasuk sumber asal mereka, jaringan atau sistem fungsi atau pola hidup sel.

Klasifikasi jenis sel manusia dengan sumber asal dilakukan dengan studi tentang perkembangan manusia atau embriologi. Tiga lapisan germinal primer berkembang dari pembelahan sel ovum dibuahi dalam enam sampai delapan hari. Lapisan luar, ektoderm, akhirnya akan membentuk sel-sel epidermis, termasuk kulit, kuku, dan rambut, dan sistem saraf. Lapisan dalam, endoderm, menjadi lapisan epitel dari sistem pencernaan dan kelenjar dan jaringan terkait. Mesoderm, antara dua lapisan lainnya, menghasilkan sel-sel dari sistem otot dan rangka, dan limfatik dan sistem vaskular.

Histologi atau studi tentang jaringan, mengklasifikasikan jenis sel manusia dengan fungsi jaringan primer. Sel-sel epitel yang ditemukan di seluruh tubuh, termasuk kulit dan pada lapisan atau penutup bagian dari saluran pencernaan dan jantung, kelenjar, pembuluh darah dan lokasi lain yang membutuhkan apakah halus atau perlindungan yang rapat. Sistem pencernaan meliputi beberapa jenis sel khusus, seperti nefron dalam ginjal, villa dari usus kecil dan sel-sel hati. Sel-sel dari sirkulasi dan pernapasan cukup beragam, termasuk sel darah merah dan putih dan alveoli paru-paru.

Di otot, tulang dan sistem artikular mengontrol bagaimana manusia bergerak. Sel-sel otot adalah tiga jenis: halus, lurik atau jantung. Sel-sel tulang terutama tulang dan sel tulang rawan. Sistem artikular meliputi sel-sel jaringan ikat yang membentuk ligamen dan tendon.

Neuron adalah sel prinsip sistem saraf dan ditandai dengan kemampuan untuk menerima dan mengirimkan sinyal kimia. Sistem sensorik termasuk banyak sel khusus seperti sel retina mata, dan tekanan dan sel merasakan panas di kulit. Mendengar ini dilakukan dengan serangkaian rumit konduksi suara fisik melalui tulang dan melalui gendang kepala dan sambungan ke sistem saraf melalui getaran dari sel-sel rambut khusus dari telinga bagian dalam. Sistem lain dengan sel-sel khusus termasuk reproduksi, endokrin, limfatik dan sistem kemih.

Jenis-jenis sel manusia dapat juga diselenggarakan oleh fase dari siklus sel mereka ada di dalam. Sel labil memiliki rentang hidup tertentu dan bereproduksi pada dasarnya terus-menerus. Ini termasuk sel-sel saluran pencernaan, sumsum tulang dan alveoli paru-paru.

Sel-sel yang stabil dapat mereproduksi seperti yang diperlukan oleh tubuh. Sebuah sel hati akan beregenerasi yang diperlukan sementara sel ginjal tidak bisa. Sel-sel jaringan permanen dianggap tak tergantikan oleh tubuh dan termasuk lensa mata dan sel-sel darah merah sebagai contoh. Sel induk somatik dan neuron digunakan untuk berada di kategori ini, tetapi telah terbukti mampu regenerasi. Semua sel-sel ini masih tunduk pada penuaan tubuh individu melalui mekanisme yang kurang dipahami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: