penyu, bulus dan kura – kura

Sahabat

Image

tentu sudah tidak asing lagi kan dengan hewan bertempurung diatas.

Setiap melihat hewan bertempurung, pasti ingatnya kura-kura. Padahal belum tentu hewan itu merupakan seekor kura-kura lho!

Kura-kura, penyu, dan bulus adalah tiga nama hewan yang cukup sering membuat kita keliru atau bahkan bingung karena kemiripannya. Dalam bahasa Inggris pun, ketiganya bisa disebut dengan ‘turtle’. Dibilang sama, tetapi ada yang berbeda!

Hmm, bagaimana ya membedakan mereka, Sobat Orbit?

Persamaan yang jelas di antara ketiganya ialah mereka memiliki rumah atau karapas yang selalu dibawa ke mana-mana. Tetapi kalau kita perhatikan lagi, tempurung ketiganya berbeda lho.

Tempurung kura-kura terdiri dari dua lapis, lapisan luar terdiri dari sisik-sisik yang keras dan lapisan dalam yang berupa lempeng-lempeng tulang yang tersusun rapat. Sementara penyu tidak memiliki sisik pada tempurungnya, melainkan berupa kulit yang melapisi tulang tempurungnya. Kalau bulus memiliki tempurung lunak yang terdiri dari tulang rawan.

Berdasarkan habitat, ketiganya memiliki tempat hidup yang berbeda. Kura-kura adalah hewan amphibi (bisa hidup di darat dan air) yang lebih banyak berada di darat. Sedangkan penyu lebih banyak menghabiskan waktu hidupnya di dalam air laut, kecuali penyu betina yang muncul ke daratan ketika akan bertelur.

Makanya, bentuk kaki kura-kura dan penyu berbeda. Kalau kura-kura memiliki kuku yang tajam pada empat kakinya untuk membantunya berjalan di darat, sementara bentuk kaki penyu berupa empat sirip yang dapat membantunya untuk berenang. Yang terakhir, bulus, lebih banyak tinggal di air tawar. Bentuk kakinya pun hampir menyerupai penyu, Sobat Orbit.

Kalau yang kamu ketahui bahwa kura-kura dapat memasukkan kepalanya ke dalam tempurung ketika kondisi terancam, penyu dan bulus tidak dapat melakukannya. Kalau bentuk kepala kura-kura dan penyu sama, bentuk kepala bulus lebih runcing pada bagian mulutnya.

Kura-kura adalah pemakan tumbuh-tumbuhan, sementara penyu dan bulus adalah pemakan hewan-hewan kecil di air.

Ukuran di antara ketiganya juga berbeda lho. Kura-kura raksasa hanya berdiameter 130 cm dengan berat 300 kg, sementara penyu ukuran tubuhnya bisa mencapai dua meter dengan berat 900 kg. Bulus biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dua hewan sebangsanya.

Berbagai Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: