Cara Mengembalikan File Yang Telah Tertimpa Pada Windows

Jika Anda pernah mengedit dokumen, menghapus seluruh paragraf dan menyimpannya secara tidak sengaja, Anda pastinya merasa tertolong jika Anda mengetahui bagaimana cara mengembalikan file tersebut pada saat file tersebut belum tertimpa. Versi terbaru dari sistem operasi Windows menyediakan fitur agar Anda bisa kembali pada pengeditan dokumen sebelumnya, dan mempelajari bagaimana cara mengembalikan dokumen yang sangat menyita waktu Anda dalam pembuatannya. Dibawah ini akan dijelaskan bagaimana caranya.

Instruksi

Windows 7

  1. Bukalah Computer. Klik tombol Start>Computer.
  2. Carilah folder yang terlampir. Pergilah ke folder yang dulunya tersimpan file atau folder yang ingin Anda kembalikan, klik kanan pada folder tersebut, dan lalu klik Restore previous versions. Jika folder tersebut berada pada bagian teratasi hierarki partisi drive, contohnya C:, klik kanan pada partisi tersebut, dan lalu klik Restore previous versions. Anda akan melihat daftar versi terdahulu yang tersedia dari file atau folder yang tertimpa. Daftar ini termasuk file yang tersimpan pada backup, sama seperti restore points, jika keduanya tersedia. Catatan: untuk mengembalikan versi terdahulu dari sebuah file atau folder memiliki bagian pada library, klik kanan pada file atau folder lokasi yang menyimpan file tersebut, bukan pada library. Contohnya, untuk mengembalikan versi terdahulu dari sebuah gambar yang termasuk dalam library Picture, tetapi tersimpan pada folder My Pictures, klik kanan pada folder My Pictures, dan lalu klik Restore previous versions.
  3. Pilihlah versi terdahulu yang ingin Anda kembalikan. Klik kanan pada versi terdahulu dari folder yang mengandung file atau folder yang ingin Anda kembalikan. Contohnya, jika sebuah file dihapus hari ini, pilihlah versi folder kemarin, yang seharusnya mengandung file tersebut.
  4. Pindahkan file target. Seret file atau folder yang ingin Anda kembalikan ke lokasi lainnya, seperti desktop Anda, ataupun folder lain. Versi file atau folder disimpan pada lokasi yang Anda pilih.

Windows Vista (Beberapa Versi)

  1. Klik pada ikon Start, ketikkan Explorer pada kotak Start Search yang akan muncul. Klik pada Windows Explorer, dibawah Program pada bagian atas menu Start.
  2. Carilah file versi terbaru. Pergilah ke folder yang megandung versi terbaru file yang ingin Anda kembalikan. Jika folder Documents terbuka dan Anda ingin pergi ke folder Pictures, lihatlah pada kolom kiri Windows Explorer, dan gulir kolom tersebut untuk mencari folder.
  3. Klik kanan pada file yang ingin Anda kembalikan. Dan lalu klik Properties, dan klik tab Previous Versions. Perhatikan: Disini, Anda jangan langsung mengklik Restore, karena hal itu akan menimpa versi file yang telah ada dan Anda akan kehilangan semua data yang yang telah ada semenjak Anda menimpa file versi terdahulu. Klik Restore jika Anda hanya ingin tetap mendapatkan versi terdahulu file tersebut. Klik Copy jika Anda ingin mengembalikan versi terdahulu file tanpa menimpa versi terbaru. Windows akan bertanya kepada Anda, dimanakah Anda akan menyimpan file tersebut. Anda juga bias menyimpan file tersebut pada desktop Anda.

 

Peringatan

Beberapa versi Windows Vista tidak memiliki fitur restore version. Hanya Windows Vist Ultimate dan Windows Vista Business yang memiliki fitur tersebut.

Metode 1 : Untuk Windows 8

  1.  Aktifkan History file. Untuk dapat memuat versi dari file atau folder, Anda harus mengaktifkan History file terlebih dahulu, yang mengharuskan anda memiliki hard drive eksternal atau akses ke folder jaringan. Windows akan menggunakannya untuk menyimpan versi file Anda dan memungkinkan dokumen untuk pulih dari penyimpanan yang buruk dan dokumen yang tertimpa.
  • Buka Control Panel. Anda dapat menekan tombol Windows + X dan pilih Control Panel dari menu, atau ketik “Control Panel” sementara pada halaman Start dan pilih dari hasil pencarian.
  • Klik pada menu System and Security link. Menu Ini biasanya terdapat pada pilihan pertama di jendela Control Panel.
  • Klik File History link. Dalam daftar pilihan, Anda akan melihat File History. Klik link untuk membuka layar konfigurasi.
  • Aktifkan File History. Jika hard drive eksternal Anda terpasang tombol Turn On akan tersedia untuk bisa di klik. Jika Anda ingin mengubah lokasi ke drive jaringan, klik tombol Select Drive di menu sebelah kiri dan kemudian klik “Add network location”. “Add network location”.
  • Pilih apakah Anda ingin HomeGroup untuk dapat terhubung ke drive atau tidak. Jika Anda memiliki beberapa komputer di HomeGroup Anda dan Anda ingin mereka semua menyimpan backup mereka ke lokasi pusat, klik Yes, jika tidak apa-apa untuk klik No.
  1.  Mengkonfirgurasi pengaturan advanced File History dengan cara klik link “Advanced settings” dibagian kiri menu.
  • Ubah dan sesuaikan berapa lama file akan digunakan dengan menggunkanan menu “Keep saved versions”. Defaultnya adalah “Forever”.
  • Ubah seberapa sering salinan disimpan dengan menggunakan tombol menu “Save copies of files”. Defaultnya adalah “Every Hour”.
  1.  Restore file yang dihapus atau ditimpa Arahkan ke folder di mana file atau folder telah dihapus. Pastikan bahwa tab Home dipilih.
  • Klik tombol File History. Tombol ini terletak di bagian Terbuka tab Home.
  • Gulir ke versi yang ingin Anda restore . Setelah Anda membuka jendela File History, Anda akan diberikan snapshot dari folder itu. Gunakan tombol panah di bagian bawah jendela untuk menggulir kembali ke versi sebelumnya dari folder sampai Anda menemukan file yang ingin Anda restore.
  • Klik tombol Restore berwarna biru. Tombol ini terletak di antara panah navigasi. Mengklik tombol ini akan mengembalikan file atau folder yang dipilih ke lokasi semula.
  1.  Restore versi lama dari file. Jika Anda tidak sengaja menghapus sekelompok teks yang Anda sekarang tidak bisa kembali, Anda dapat mengembalikan versi lama dari file menggunakan File History.
  • Pilih file yang ingin Anda putar kembali.
  • Klik tombol File History di tab Home.
  • Gulir kembali melalui versi, periksa isi file. Untuk dokumen, File History akan menampilkan isi dari file tersebut sehingga Anda dapat dengan mudah melihat versi yang Anda ingin anda restore
  • Klik tombol Restore. Anda akan ditanya apakah Anda ingin mengganti file yang saat ini tersedia.

Methode 2 : Untuk Windows 7

Arahkan ke folder yang digunakan untuk menampung file atau folder yang Anda ingin merestore. Klik kanan dan kemudian klik pada menu “Restore previous versions “. Jika folder berada di atas drive, misalnya C: \, klik kanan drive dan kemudian klik ” Restore previous versions”.

  • Anda akan melihat daftar versi sebelumnya tersedia dari file atau folder. Daftar ini akan menyertakan file disimpan pada cadangan (jika Anda menggunakan Windows Backup untuk membuat cadangan file Anda) serta restore point, jika kedua jenis file tersebut tersedia.
  • Restore point yang sering diambil sehari-sehari,  jadi jika Anda mengubah file beberapa kali setelah titik pemulihan gambar diambil, perubahan tersebut tidak akan tersedia dalam menu ” Restore previous versions “.
  • Untuk mengembalikan versi sebelumnya dari file atau folder yang merupakan bagian dari perpustakaan, klik kanan file atau folder di lokasi menyimpan, bukan di perpustakaan. Misalnya, untuk mengembalikan versi gambar yang disertakan dalam Gambar perpustakaan tetapi disimpan dalam “My Pictures” folder, klik kanan “My Pictures” folder dan kemudian klik pada menu ” Restore previous versions “.
  • Pilih versi untuk mengembalikan. Anda akan melihat daftar semua versi sebelumnya tersedia yang dapat Anda kembalikan. Pilih salah satu yang Anda inginkan dan klik tombol Restore untuk kembali ke lokasi semula.
  • Anda dapat mengklik tombol Open untuk melihat file sebelum mengembalikannya.
  • Pindahkan file target. Tarik file atau folder yang ingin Anda restore ke lokasi lain, seperti desktop atau folder lain. Versi dari file atau folder yang disimpan ke lokasi yang Anda pilih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: