Kimia adalah …

KIMIA merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam dan senyawa-senyawa banyak dibutuhkan oleh makhluk hidup. Ilmu kimia yang mempelajari senyawa-senyawa kimia beserta reaksinya dalam makhluk hidup dikenal dengan BIOKIMIA. Senyawa-senyawa yang diperlukan oleh makhluk hidup secara mudah terbagi manjadi 2 yaitu (1). senyawa anorganik dan (2). senyawa organik.
(1). Senyawa Anorganik terdiri atas air dan mineral.
Air memiliki fungsi yang sangat essensial; yaitu sebagai pelarut, alat transport(alat angkut) dan sebagai pereaksi.
Mineral; banyak jenisnya antara lain :
— 1. Unsur Ca dan P dalam senyawa Ca3(PO4)2 berfungsi sebagai pembentuk tulang dan gigi.
— 2. Unsur Na dan Cl dalam senyawa NaCl berfungsi mengatur keseimbangan osmosis darah.
— 3. Unsur Fe dalam molekul Hb ( Haemoglobin ) berfungsi sebagai alat angkut Oksigen dan karbondioksida. kekurangan unsur Fe dapat menyebabkan anemia.
— 4. unsur I ( iodium ) berfungsi mengatur metabolisme dalam tubuh. kekurangan unsur ini dapat menyebabkan penyakit gondok.
— 5. dan unsur-unsur lain.

(2). Senyawa Organik terdiri dari karbohidrat, lemak, protein dan vitamin.
A. Karbohidrat, terbagi atas ;
>> 1. Monosakarida ( yaitu : glukosa, galaktosa dan fruktosa ). Memiliki sifat rasanya manis ( fruktosa > glukosa > galaktosa) serta larut dalam air.
>> 2. Disakarida ( gabungan dari 2 monosakarida ) terdiri dari :
2.a. Maltosa, gabungan dari glukosa dan glukosa.
2.b. Sukrosa/ sakarosa, gabungan dari glukosa dan fruktosa.
2.c. Laktosa, gabungan dari glukosa dan galaktosa.
Rumus struktur Glukosa :


Rumus Struktur Fruktosa :


Rumus struktur Galaktosa :


Disakarida memiliki sifat rasanya manis ( sukrosa > maltosa > Laktosa ) dan larut dalam air.
>> 3. Polysakarida merupakan polimer dari monosakarida. Terdiri atas Amilum, Glikogen dan sellulosa.
3.a. Pati atau amilum adalah karbohidrat kompleks yang tidak larut dalam air, berwujud bubuk putih, tawar dan tidak berbau. Pati merupakan bahan utama yang dihasilkan oleh tumbuhan untuk menyimpan kelebihan glukosa (sebagai produk fotosintesis) dalam jangka panjang. Hewan dan manusia juga menjadikan pati sebagai sumber energi yang penting.
Pati tersusun dari dua macam karbohidrat, amilosa dan amilopektin, dalam komposisi yang berbeda-beda. Amilosa memberikan sifat keras (pera) sedangkan amilopektin menyebabkan sifat lengket. Amilosa memberikan warna ungu pekat pada tes iodin sedangkan amilopektin tidak bereaksi. Penjelasan untuk gejala ini belum pernah bisa tuntas dijelaskan.
3.b. Glikogen adalah salah satu jenis polisakarida simpanan dalam tubuh hewan. Pada manusia dan vertebrata lain, glikogen disimpan terutama dalam sel hati dan otot. Glikogen terdiri atas sub-unit glukosa dengan ikatan rantai lurus (α1→4) dan ikatan rantai percabangan (α1→6). Glikogen memiliki struktur mirip amilopektin (salah satu jenis pati) tetapi dengan lebih banyak percabangan, yaitu setiap 8-12 residu.
Ketika permintaan gula dalam tubuh meningkat maka glikogen akan dihidrolisis oleh sel. Namun, cadangan energi ini tidak dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi dalam jangka lama. Misalnya pada manusia, glikogen simpanan akan terkuras habis dalam waktu satu hari kecuali bila dipulihkan dengan mengonsumsi makanan.
3.c. Selulosa (C6H10O5)n adalah polimer berantai panjang polisakarida karbohidrat, dari beta-glukosa. Selulosa merupakan komponen struktural utama dari tumbuhan dan tidak dapat dicerna oleh manusia.
Selulosa ialah sebatian organik dengan formula (C6H10O5)n. Ia merupakan kandungan utama dalam serat tumbuhan, yang berfungsi sebagai komponen struktur tumbuhan.
Selulosa adalah kumpulan polisakarida yang dengan rantaian linear yang lurus hasil daripada gabungan atau ikatan glukosa dari beberapa ratus hingga lebih 10000 β(1-4) unit glukosa.
Selulosa ialah satu polimer yang mengandungi unit-unit glukosa dari beberapa ratus hingga lebih daripada 10000 gabungan atau ikatan glukosa jenis anomer β yang membolehkan selulosa membentuk satu rantai yang sangat panjang.
Selulosa tidak larut dalam air, tetapi larut dalam larutan kuprik hidroksida berammonia (bahan uji Schweitzer). Selulosa juga larut dalam larutan zink klorida berasid hidroklorik. Selulosa tidak memberi warna biru dengan iodin.Selulosa adalah struktur berkomponen pada dinding sel utama pada tumbuhan.
Selulosa merupakan karbohidrat utama yang disintesis oleh tanaman dan menempati hampir 60% komponen penyusun struktur kayu. Jumlah selulosa di alam sangat berlimpah sebagai sisa tanaman atau dalam bentuk sisa pertanian seperti jerami padi, kulit jagung, gandum,kulit tebu dan lain-lain tumbuhan.
Selulosa merupakan karbohidrat utama yang disintesis oleh tanaman dan menempati hampir 60% komponen penyusun struktur kayu. Jumlah selulosa di alam sangat berlimpah sebagai sisa tanaman atau dalam bentuk sisa pertanian seperti jerami padi, kulit jagung, gandum,kulit tebu dan lain-lain tumbuhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: